Sunday, July 21, 2013

[Artikel] Internet.... Bukan Sekedar Facebook Doang !!

Berangkat dari pengamatan penulis terhadap kebiasaan temen-temen mahasiswa yang ada di kampus STKIP-HS yang mengenal internet lewat facebook (dibaca feisbuk). Ini tidak terlepas dari masih minimnya fasilitas yang  memadai baik dari infrastruktur jaringan, layanan internet dan sebagainya yang ada di Lombok Timur, tapi melihat kebelakang sekitar 6 tahun yang lalu sangat jauh perbedaannya. kenapa demikian?? menurut saya jika pemanfaatan fasilitas yang seadanya terus kita manfaatkan dengan maksimal maka secara otomatis peningkatan fasilitas jaringan maupun layanan akan dikembangkan dengan cepat, sebagai contoh Operator Seluler mungkin akan sulit meningkatkan kualitas sinyal dari GPRS/EDGE ke 3G/HSDPA/WCDMA jika di suatu daerah menggunakan HP yang mendukung layanan data kecepatan tinggi dibawah 60% (perkiraan saja), tapi sebaliknya tingginya trafic penggunaan layanan data akan mempertimbangkan bagi provider untuk meninggkatkan layanannya bagi konsumen.

Hehehe... :) ngelantur sana - sini, kembali kepada topik bahwa sebagian besar Mahasiswa di STKIP HS atau secara umum warga Lotim belum memaksimalkan fungsi layanan internet, sebagai contoh sekitar diatas 95% mahasiswa menggunakan layanan hotspot untuk keperluan Social Media (facebook, twitter, Yahoo Koprol, dll) dan mencari referensi untuk tugas tertentu saja, padahal fungsi dan manfaat internet bukan hanya fesbuk saja. berikut saya akan memaparkan manfaat internet baik bagi mahasiswa, pelajar maupun masyarakat secara umum.

Manfaat bagi Mahasiswa dan Dunia Pendidikan
  1. Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan : Pada dasarnya setiap mencari tugas di internet kemungkinan kita akan membaca setiap halaman yang akan kita baca, meskipun bukan halaman itu yang kita inginkan. tetapi terkadang kebanyakan mahasiswa tergolong HG alias Harap Gampang, dengan menekan CTRL+C trus CTRL + V di Microsoft Officenya.nah ini bukanlah tujuan internet yang sebenarnya.
  2. Sebagai Sumber tambahan pelajaran yang belum dimengerti di kampus : kita semua pasti sering mengalami bahwa tidak semua mata kuliah bisa kita mengerti dengan cepat, sehingga internet bisa sebagai alternatif untuk mencari tambahan pelajaran agar kita bisa memadukan apa yang kita dapatkan dikampus.
  3. Melatih agar mahasiswa tahu cara-cara penggunaan komputer : Zaman sekarang yang serba digital tentunya menuntut kita sebagai mahasiswa harus menguasai teknologi, bayangkan saja dimasa kita sekarang saja teknologi seperti apa bagaiamana 5 tahun kedepan??? tentu disini yang dimaksud bukan hanya penguasaan penggunaan fesbuk saja. hihihi... :D
  4. Sebagai Sarana Komunikasi : nah... yang ini kita bisa memanfaatkan fasilitas yang ada difesbuk, entah itu chat, video call, sharing file/fhoto/video. 
 Hmmmm.... penulis dah ngantuk ni, semalaman tidak tidur, nanti lagi ya dilanjutin.... Selamat Berpuasa.
 
 



Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar:

  1. ayo manfaatkan facebook buat tempat promosi blog dll.

    ReplyDelete

Silahkan tuliskan komentar anda.